Keseruan Kelas Kreatif BUMN 2019 di Pekanbaru


Halo…!

Apa kabarnya semua? Semoga selalu baik-baik saja ya. Beberapa waktu yang lalu aku bersama beberapa teman-teman dari Blogger Pekanbaru berkesempatan hadir di salah satu rangkaian acara menyambut ulang tahun BUMN yang ke 21 April mendatang.

Bertempat di Grand Ballroom Aryaduta Hotel Pekanbaru, ruangan yang tadinya cukup luas terasa sempit karena banyaknya peserta acara yang hadir hari itu. Bahkan, karena waktu datang aku dan kelima orang temanku sesama blogger tidak bersamaan, tempat duduk kami berlima jadi terpisah-pisah. Sebagian didepan, sebagian lagi dibelakang. Bahkan ketika disela acara aku melongok ke bagian belakang ruangan, ada beberapa peserta berdiri menunggu kursi tambahan datang. Hal ini cukup bikin heran sih, karena jarang-jarang ada acara yang diadakan pemerintah bisa seramai ini.

Para peserta ternyata terdiri dari berbagai kalangan. Ada siswa SMK, ada mahasiswa, ada warga umum yang juga ikut hadir. Rupanya salah dua daya tarik  acara ini adalah Kelas Kreatif yang memang dijadwalkan pada hari yang sama serta kehadiran Menteri BUMN Ibu Rini Soemarno beserta jajarannya.

Aku kebetulan datang lewat dari jam yang ditentukan, untung saja acara belum dimulai. Tetapi antrian – yang kalau boleh dibilang kerumunan – terlihat membludak di meja registrasi. Untung saja ada dua orang temanku yang baru selesai melakukan pendaftaran berada tak terlalu jauh dari kerumunan itu, mereka mengarahkan ku survive dari pergumulan di meja  registrasi selesai dimana aku mendapatkan kaus seragam, topi serta kupon yang sepertinya untuk doorprize di sela-sela acara.

Akhirnya aku pun mendapatkan tempat duduk, walau tidak –dibarisan depan sih, karena sudah terisi penuh. Acara yang dimulai dengan materi dari James Gwee ini diawali dengan panggung serasa konser karena permainan lighting. Motivator Favorit Indonesia ini membangkitkan semangat para peserta sambil menunggu kehadiran ibu menteri.

Materi seputar membangun mindset untuk sukses sebagai seorang entrepeneur dibawakan dengan ringan namun penuh semangat. Serta ada games yang melibatkan para peserta diakhir sesi materi. Ya, siapa yang tidak semangat kalau gamesnya berhadiahkan uang ya kan.

Keseruan Kuis Bareng James Gwee

Gelaran acara yang ditaja oleh Pelindo 1 ini memaparkan pencapaian-pencapaian yang telah dilakukan BUMN khususnya Pelindo 1 selama ini. Dan ternyata diawal tengah bulan Maret kemarin, Pelindo 1 baru saja meresmikan sebuah pelabuhan di Sumatra Utara, dan pelabuhan tersebut bernama Pelabuhan Sibolga.

Salah satu pelabuhan yang akan diresmikan dari dua yang direncanakan taun ini memiliki metode pembayaran cashless untuk para penumpangnnya. Belum lagi kapasitas kontainer hingga 20.000 TEUs pertahun yang merupakan kapasitas yang lebih besar dari sebelumnya.

Dan ternyata gaes, desain pelabuhan ini ternyata menjadi desain pelabuhan terbaik di Asia Pasifik loh. Pelabuhan ini mengalami banyak perluasan dari kondisi sebelumnya seperti penataan terminal multipurpose meliputi perluasan area dermafa untuk menampung petikemas dan general cargo, perluasan dermaga ferry 400 meterkubik, container yard, perkuatan dermaga, trestle dan breasting dolphin, serta  fix crane.

Selain itu juga dilakukan penataan terminal penumpang dengan pembangunan skybridge dengan panjang 150 meter yang menggabungkan dermaga ferry dengan terminal penumpang. Yang bertujuan untuk meningkatkan keselamatan penumpang karena jalur yang terpisah dari jalur kendaraan.
Untuk terminal sendiri, mampu menampung sekitar 500 orang meningkat cukup banyak dibanding sebelumnya yang hanya mampu menampung sekitar 80 orang saja. Membayangkan saja terasa cukup mewah pelabuan ini.

Akhirnya tokoh yang ditunggu-tunggu datang, Ibu Menteri Rini Soemarno hadir bersama jajarannya setelah menghadiri kegiatan terkait acara BUMN juga di kampus Universitas Riau. Awal informasi ketika ibu menteri datang, mataku mencari-cari sosok yang ku kira akan berpakaian cukup mewah. Dengan baju yang terkesan formal atau bersanggul, selayaknya buibu pejabat yang sering kulihat sih. Ternyata aku salah. Ibu hadir menggunakan baju kaos putih berlengan panjang beserta celana panjang hitam dengan rambut diikat sederhana. Jauh dari bayangan ibu-ibu pejabatku. Terlihat sangat sederhana namun prestasinya ternyata luar biasa ya.

Ibu kemudian memanggil jajaran yang mendampingi beliau hari itu, ada sekitar sepuluh orang kalau tidak salah, salah satunya adalah bapak dirut Pelindo 1. Setelah  menyampaikan kata sambutan ibu kemudian menjawab pertanyaan yang sebelumnya sudah diberikan peserta melalui sebuah web aplikasi. Terpilih 10 penanya yang beruntung, mereka bertanya seputar BUMN. Selain beruntung pertanyaan dijawab, para penanya itu juga mendapatkan hadiah berupa laptop dan juga gawai pintar.

Duh, sayang aku tidak cukup beruntung.

Dalam acara itu juga diperkenalkan sebuah aplikasi baru yang merupakan buah kerja sama antara beberapa BUMN Indonesia yaitu LinkAja, sebuah aplikasi digital wallet untuk bertransaksi non tunai bagi masyarakat Indonesia. Dan ternyata ada lima orang yang beruntung, yang sudah menginstall aplikasi tersebut di playstore sebelumnya mendapatkan Top Up Saldo sebesar Rp 500.000, 00 rupiah. Waaaah… senangnya. Sepertinya acara hari itu benar-benar banjir hadiah.

Kelas Kreatif BUMN Hadir untuk Negeri 2019

Keseruan rangkaian acara hari itu bersambung dengan empat kelas kreatif yang diadakan setelah sesi makan siang.

Kelas-kelas yang diadakan ini mencakup empat sektor bidang usaha yang sedang digandrungi dan memiliki potensi usaha yang cukup besar dimasa sekarang. Yaitu kelas kreatif kuliner, barista, digital marketing, serta kecantikan.

Diisi oleh pemateri-pemateri yang mumpuni dibidangnya masing-masing. Kelas-kelas ini ternyata cukup ramai dihadiri oleh para peserta. Aku kira setelah selesai makan siang udah pada pulang. Eh ternyata sudah masuk ke kelas masing-masing.

Selain dibekali oleh pengalaman masing-masing mentor, para peserta juga berkesempatan mempraktekkan materi mereka hari itu.

9 Comments

  1. Roro Wulandari
    March 24, 2019

    Wahhh i thought it would be serious discussion or hectic seminar but all was fun! nyesel gak ikut kmrn hahahhaah

    Reply
  2. Jajan.Nae
    March 25, 2019

    Seru banget ya acaranya mbak Athri 🙂 Apalagi senam ringan macem nuker duit dua ribu jadi 10 ribu kaya aku hahaha..

    Reply
  3. Ann Solo
    March 25, 2019

    Kalo tahun depan ada lagi, kita harus datang cepat dan duduk paling depan, yaaaa

    Reply
  4. Athri Kasih
    March 25, 2019

    Itulah kan mbaaak rugi ga ikutaan

    Reply
  5. Athri Kasih
    March 25, 2019

    Ahahahaaa iyaaa ih mbak nae beruntung bgt acara kemaren wkwkwkwk

    Reply
  6. Athri Kasih
    March 25, 2019

    Yoaiii biar beruntuung

    Reply
  7. Awul
    March 27, 2019

    Seru banget acaranya! Jadi mupeng kepengen ikutan juga nih. Baru tau juga pelabuhan sekrang udah canggih yaa, dan terbaik se Asia Pasifik itu wow bgt! Btw kak Athri ada ikut kelas kreatif apa kemarin?

    Reply
  8. efsasmita
    March 28, 2019

    Wahhhh seru banget kakkk, pengen ikutan acara kaya gini jugaaaaa

    Reply
  9. Helena Magdalena
    April 10, 2019

    Salam kenal Mbak, mau nanya dong…kalau ikutan acara bgini gimana caranya ya? Pengin ikut kalau ada lagi thn depan. Makasihhh

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *