Hokben hadir bersambut rindu di Pekanbaru

30 Januari 2020 kemarin, Hokben atau Hoka Hoka Bento akhirnya membuka cabangnya yang ke 170 di kota Pekanbaru. Perjalanan yang cukup panjang ternyata setelah awal lahirnya resto fastfood ala Jepang ini pada tahun 1985 lalu.

Rasa dari menu-menu Hokben sendiri sudah tidak asing lagi oleh banyak orang yang masa sekolah atau kuliahnya sering menyinggahi kota Jakarta atau Bandung pada tahun 90an. Jadi beberapa teman yang tahu kalau akhirnya resto ini buka di Pekanbaru tuh auto mengenang masa-masa kuliah atau sekolah mereka. Bahkan ada yang cerita kalau tiap kali ke Jakarta atau Bandung tu pasti nyempetin makan di Hokben dulu.

Aku yang belum pernah nyobain menu-menunya bahkan sangat familiar dengan brand resto ini. Soalnya dari kecil setiap kali nonton kartun di hari Minggu pagi, iklan Hoka Hoka Bento selalu seliweran, bahkan dengan melihat ikon dua anak kecil dengan baju biru dan merah itu di halaman majalah langsung notice kalau itu iklan Hoka Hoka Bento yang kemudian lebih mudah disebut sebagai Hokben.

Entah sejak kapan pastinya, aku juga ikut menyingkat brand restoran makanan Jepang ini menjadi Hokben. Dan ternyata resto ini melakukan peremajaan untuk logo dan merknya pada tahun 2013 loh teman-teman. Dengan tetap mempertahankan dua anak kecil bernama Taro dan Hanako itu, terbentuklah logo dan nama yang lebih mudah disebut pada hari ini.

Pattern Hokben yang bercerita

Sering dengar kan kalau nama adalah do’a? Atau pemberian logo, pola atau apapun dalam hidup seseorang biasanya menceritakan entah mimpi, harapan atau kisah perjalanan hidup. Ya, tanpa kita sadari hidup kita itu dikelilingi dengan simbol-simbol yang biasanya dekat dengan hati dan rasa. Hal ini tak berbeda dengan Hokben, resto ini seolah menangkap rasa, suasana, serta kebanggaan mereka dalam pola dan simbol yang mereka gunakan di dinding serta kemasan produk mereka.

Pola-pola ini menceritakan tentang bagaimana hokben menjadi tempat dimana sebuah keluarga, orang-orang yang datang bersama teman-teman mereka diterima dengan ramah dan penuh penghargaan. Mereka dilayani dengan makanan yang kualitasnya dijaga dengan baik dan pelayanan yang ramah yang menjadi kebanggaan Hokben selama ini.

Gimana? Familiar dengan simbol-simbol tersebut? Simbol-simbol ini bisa dengan mudah sebenarnya kamu temui di setiap produk, poster, hingga dinding resto mereka. Mungkin buat orang lain simbol-simbol ini tidak terlalu penting, tapi buatku mengetahui detail kecil diperhatikan sedemikian rupa seperti makna simbol-simbol diatas memperlihatkan bahwa Hokben berusaha memberikan rasa kebanggaan mereka tidak hanya lewat menu yang mereka sajikan, tetapi juga suasana yang berusaha mereka hadirkan.

Pengalaman mencicipi menu Hokben pertama kali

Nama restoran cepat saji ala Jepang ini pertama kali ku dengar waktu aku masih SD, sekitar tahun 96an, dan aku baru bisa mencicipinya Januari 2020 kemaren. Hahahaa sungguh menahan rasa penasaran yang cukup lama. Itu juga sejak tahun 2000an, saat satu persatu mall mulai hadir di kota ini, mempertanyakan apakah resto ini akan buka menjadi sebuah rutinitas yang tanpa sadar dilakukan. “Eh bakalan ada Hokben ga ya?” gitu terus sampai akhirnya Living World Pekanbaru yang merupakan Mall ke empat yang berdiri di kota ini menjadi lokasi pertama outlet Hokben hadir disini.

Menu yang kupilih untuk kucicipi pertama kali di resto ini adalah menu Paket C, clear soup dan ocha untuk minumannya. Dari rasa, jika dilihat dari antusiasme penggemar Hokben yang menunggu cukup lama sampai akhirnya resto ini buka di Pekanbaru tentunya ngga bisa diragukan lagi.

Bahkan dari rasa nasinya saja tidak berbeda dengan cabang yang di Jakarta kata salah seorang teman yang selalu makan di resto ini bila ada dinas ke Jakarta. Kalau menurutku, dari segi rasa emang ngangenin apalagi porsinya emang cukup kenyang, belum lagi saladnya walau sederhana tetapi perpaduan dengan sausnya terasa pas tidak berlebihan.

Meski termasuk dalam kategori restoran cepat saji, Hokben tetap memberi perhatian khusus dari segi nutrisi dan kualitas di setiap pilihan menu yang mereka miliki. Hal ini juga lah yang membuat resto ini memakan waktu yang cukup lama untuk membuka cabangnya di kota Pekanbaru, mereka harus memastikan mobilitas bahan makanan yang mereka gunakan agar tetap baik saat dikirim dari pusat hingga sampai ke cabang yang berada di daerah lain.

Dukungan Hokben dalam kampanye healthy and green lifestyle

Sejak tanggal 1 Agustus 2019 lalu, Hokben telah memulai kampanye #UseLessPlastic yang dimulai dari cabang mereka di Bali. Kampanye ini mereka mulai dengan mengurangi penggunaan sedotan plastik dan tutup gelas yang terbuat dari plastik pada menu-menu tertentu, selain itu khusus di Bali, resto ini sudah tidak lagi menyediakan kantong plastik.

Sedangkan buat kamu yang memilih memesan bento dan tidak untuk makan ditempat, kamu diperbolehkan untuk membawa tempat makan sendiri loh teman-teman.

Selain itu, buat kamu yang sedang diet atau lagi ngga makan karbo, resto ini menyediakan beberapa menu baru berupa salad dan juga salmon yang bisa jadi pilihan sehat kamu. Tapi untuk menu salmon, sayangnya hanya tersedia dibeberapa outlet tertentu, kalau di Pekanbaru kemarin sih aku ada lihat sih.

Pilihan sehat buat kamu yang mau jajan di Hokben

Selain itu, buat kamu yang muslim ga perlu lagu kalau mau makan di resto ini, karena restoran cepat saji dengan menu-menu jejapangan ini sudah mengantongi Sertifikat Halal MUI sejak tahun 2008. Dan juga sudah memiliki Sertifikat Sistem Jaminan Halal pada tahun 2017.

Jadinya pilihan menu di Hokben ini banyak banget loh, menu anak-anaknya ada, menu sehatnya ada juga, ditambah pilihan menu yang bisa kamu makan bareng temen-temen kamu. Ditambah kepastian halalnya juga bikin kita ga ragu lagi untuk menjadikan restoran ini sebagai pilihan favorit untuk keluarga ataupun bareng teman-teman ya kan?.

14 Comments

  1. aku suka banget salad nya, suer.
    mayo nya itu beda dengan yang pernah aku coba ditempat lain.
    sekarang penasaran dengan menu salmon, kapan nya diajak kesana kak ? :p

  2. Aku suka banget sama pilihan makanan2 di hokben. Rasanya enak banget. Dan alhamdulillah harganya ramah di kantong, gak terlalu mahal. Paling suka pilihan beef dan shrimp memang. Super duper enak.

  3. Biasanya perusahaan yg bagus itu, selain memikirkan profit, mereka bakal ada charitynya, itu tanda sebuah perusahaan sudah settle ya, salut sama program2nya Hokben, mmg hokben sudah melekat dihati milenial ( saya khususnya), bahagia bgt akhirnya bs hadir meramaikan destinasi kuliner di pekanbaru yummyyy

Leave a Reply

Your email address will not be published.