Atasi mata kering dengan Insto Dry Eyes

Atasi Mata Kering dengan Insto Dry Eyes

Dalam satu hari, berapa lama kamu menatap layar smartphonemu? Untuk sekedar berbagi cerita dengan teman-teman digroup whatsapp ataupun scrolling berita-berita terkini dari timeline akun gosip favorit kamu. Sering kali kita tanpa sadar menghabiskan waktu begitu saja berinteraksi dengan teman-teman melalui gawai.

Tau ga sih kalau menurut survei yang dilakukan oleh google pada Desember 2014 hingga Februari 2015 lalu di lima kota besar di Indonesia, menyebutkan bahwa rata-rata netizen menghabiskan waktu 5.5 jam sehari memelototi gawainya.

Dan itu adalah data empat tahun yang lalu, dimana pekerja dunia digital belum sebanyak sekarang.

Waktu rata-rata masyarakat Indonesia menghabiskan waktu dengan gawai.

Dari infografis diatas, kita bisa melihat bahwa kita menghabiskan waktu kurang lebih 8 jam untuk berselancar di dunia maya. Selanjutnya sekitar tiga jam, kita menghabiskan waktu untuk bersosial media, dan dua jam lebih untuk menonton tv, terakhir waktu untuk mendengarkan lagu secara online memakan waktu sekitar satu jam lebih.

Kalau ditotal? Ada banyak waktu yang kita habiskan untuk menatap layar smartphone dalam sehari.

Tahu ga kamu kalau saat kita asik menatap layar smartphone atau laptop, mata kita berkecendrungan untuk jarang berkedip. Keadaan ini memicu pengguapan air mata yang lebih besar dan memicu dry eye syndrome.

Dry eye syndrome ditandai dengan kondisi mata yang Mata Kering, Mata Sepet, Mata Pegel, Mata Perih, Mata Lelah. Hal ini terjadi karena kualitas air mata gagal menjaga permukaan mata untuk cukup mendapatkan pelumas.

Hal tersebut jika dibiarkan tentunya dapat membuat penampilan kita tidak prima. Apalagi jika pekerjaan kita menuntut untuk dapat selalu tampil prima. Mata yang terlihat lelah tentunya membuat kualitas penampilan kita menurun dong ya.

Atasi Mata Kering dengan Insto Dry Eyes

Penyebab Mata Kering Lainnya

Selain aktifitas kita dengan gawai ataupun laptop, masih ada hal-hal lain yang dapat mengakibatkan mata yang kering. Diantaranya adalah:

  • Suhu udara yang kering, panas dan berdebu
  • Menopouse pada wanita
  • Penggunaan obat tertentu seperti antihistamin, dekongestan, antidepresan, pil KB, terapi penggantian hormon untuk meredakan gejala menopause, obat untuk kecemasan, penyakit parkinson, dan tekanan darah tinggi.
  • Penggunaan softlense
  • Ruangan ber-AC atau kipas angin memiliki tingkat kelembaban yang rendah, dapat mengakibatkan penguapan air mata yang cepat yang menyebabkan mata kering.

Biasanya jika kita merasa mata tidak nyaman, hal pertama yang kita lakukan adalah mengucek-ngucek mata kita. Hal ini sebaiknya tidak dibiasakan, karena dapat menyebabkan gesekan yang tidak perlu pada bola mata kita hingga menyebabkan gesekan dan berakibat mata menjadi memerah dan iritasi.

Mengatasi mata kering dengan Insto Dry Eyes

Pekerjaan kita yang mengharuskan kita untuk menatap layar laptop atau gawai cukup lama membuat kita harus memerhatikan kesehatan mata dengan lebih baik. Setidaknya menyempatkan diri untuk mengistirahatkan mata sejenak saat bekerja. Minimal satu menit dalam setiap jam.

Atau dengan mengikuti metode 20-20-20, yaitu meluangkan waktu 20 detik, selama 20 menit sekali untuk melihat sesuatu yang berjarak 20 kaki atau enam meter.

Dan jika bekerja di ruangan ber ac, kita bisa memperhatikan kondisi kelembaban udara dilingkungan kita, salah satunya dengan menggunakan humidifier.

Selain itu, untuk memastikan kelembaban mata untuk tetap terjaga, kamu bisa menggunakan insto dry eyes.

Atasi Mata Kering dengan Insto Dry Eyes

Kamu bisa meneteskan Insto Dry Eyes satu jam sekali, terutama di kondisi yang berpotensi membuat kelembaban mata kamu berkurang. Hal ini penting untuk menghindari kondisi mata kering yang jika dibiarkan bisa saja menjadikan kondisi yang tidak baik untuk kesehatan mata kamu.

Walau bagaimanapun, mencegah jauh lebih baik dari pada mengobati kan?

4 Comments

  1. Andrew Pradana
    July 27, 2019

    aku jg sering kaya gini. mau menghentikan kebiasaan gunain smartphone kadang agak gimana gitu. untungnya ada solusi mata kering pedih gini. Mantap artikelnya kak

    Reply
    1. athri
      July 27, 2019

      Iyaaa semangats bang ndru, kelembaban mata perlu dijaga, biar mata ga cepet iritasi.

      Reply
    2. Elvina Yanti
      July 29, 2019

      wahhhhhh, mata kering aja ada obatnya. kalau hati kering ada nda kak ?

      Reply
      1. athri
        July 31, 2019

        Berat kakak jawabnya ni vin. hiks

        Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *