5 Lagu KPOP Viral ditengah Massa Demo Omnibus Law

Ini dia 5 lagu kpop viral ditengah massa demo omnibus law di Indonesia.

Memasuki bulan Oktober ini, Indonesia dikejutkan dengan pengesahan Omnibus Law cipta kerja yang mendadak. Pengesahan yang tiba-tiba ini tentunya membuat netizen meradang. Namun sayang, wave keresahan ini cuma terasa di sosial media, khususnya twitter dan tiktok. Entah kenapa tidak terlalu meriah disiarkan di televisi. Bisa aja karena aku udah lama ngga nonton tv kali ya.

Sejujurnya, daku baru mengetahui keriuhan ini melalui konten-konten tiktok. Baru kemudian mengecek twitter untuk memastikan lebih lanjut. Dan selama ngikutin issue ini, daku menyadari bahwa para kpopers yang biasanya lebih memilih fokus dengan para biasnya ikut turut menyuarakan keresahan mereka. Hal ini menandakan bahwa perihal UU ini mengusik semua orang, literally semua orang dengan beragam latar belakang.

Dalam satu hari; bahkan tak sampai satu hari, tepatnya tanggal 5 Oktober lalu melalui pantauan Drone Emprit, tagar #mositidakpercaya menjadi trending topic di twitter. Yang tak disangka, Kpopers berperan besar dalam hal tersebut. Nah ini cuplikan tentang seberapa riuhnya twitter Indonesia beberapa hari yang lalu.

Tapi kurasa, ada banyak kpopers yang sudah mengetahui tentang isu ini lebih dulu. Daku salah satunya, ehem.

Dalam beberapa hari, konten-konten di tiktok pun dipenuhi dengan teopik yang sama. Dan karena tiktok adalah platform audio visual, ternyata ada banyak lagu Kpop yang viral atau digunakan berulang-ulang oleh banyak kreator. Dan ini dia 5 lagu kpop viral ditengah massa demo omnibus law.

5 Lagu Kpop Viral

1. Baepsae/ Crow Tit / Silver Spoon by BTS

Lagu yang berjudul baepsae atau silver spoon ini merupakan salah satu single dari BTS dalam album The Most Beautiful Moment in Life Pt. 2 (Hwayangyeonhwa pt.2) yang dirilis pada tahun 2015 lalu. Dan lagu ini menghiasi konten-konten tiktok diawal-awal keriuhan pembahasan mengenai Omnibus Law.

BTS – Baepsae

Lagu yang seru banget buat joged ini sebenarnya berisi kritik sosial atas keadaan anak muda di Korea saat ini. Dan jika ditilik lebih dalam, tidak berbeda jauh atas apa yang dialami oleh anak muda di negara kita. Dalam lagu ini, BTS ingin menyampaikan bahwa kerja keras adalah salah satu cara buat orang-orang yang lahir dengan menggenggam silver spoon dapat bertahan (orang-orang yang lahir dengan keberuntungan dan dari keluarga kaya raya dikatakan menggenggam sendok emas atau golden spoon, sedangkan yang lahir dari keluarga biasa-biasa saja diibaratkan dengan silver spoon).

Tidak hanya itu, lirik lagu ini juga menyoroti tentang diskriminasi, senioritas, penindasan, kekerasan, dan ketidak adilan yang disampaikan dengan pengibaratan baepsae (burung gagak kecil) yang berkaki pendek dan burung bangau yang berkaki jenjang.

Rata-rata penggalan lagu ini menjadi latar belakang visual demonstrasi yang tersebar di tiktok.

2. Am I Wrong by BTS

Kalian pasti sudah nonton banyak cuplikan video dimana ibu pemimpin dewan perwakilan mematikan suara mic salah seorang anggota dewan yang tengah protes? Aku sih sakit hati nontonnya. Ahahahaa, terlepas dari itu, ada banyak konten-konten tentang potongan video ataupun sindiran terhadap sikap ibu tersebut. Dan rata-rata para kreator memilih lagu Am I wrong dari BTS ini untuk menyampaikan kritik mereka.

Am I Wrong by BTS

Lagu yang dirilis pada tahun 2016 ini menurutku berisi sindiran kepada pemerintah hampir disepanjang liriknya. Well, kok aku ngerasa mereka selayaknya Iwan Fals pada masanya yaa XD. Dalam lagu ini, orang biasa diibaratkan anjing dan babi, yang diperlakukan sedemikian rupa dan tetap bisa marah. Kasar sih, tapi anak-anak BTS ini suka banget mengambil majas-majas yang bertolak belakang dalam lagu-lagu mereka. Dan kabarnya lagu ini rilis pada tahun dimana perpolitikan di Korea juga sedang panas-panasnya. Wew.

The word is going crazy! How about you?. You think it’s okay?!, I don’t think that is okay. Have ears but don’t listens, have eyes but don’t see. Fish live in all our heart. Its name is Selfish, Selfish!

Am I wrong -BTS, Englis Translation

3. Coup d’Etat by G-Dragon

Lagu yang memiliki arti Kudeta ini, dari lirik dan MV nya benar-benar merupakan sebuah kritik yang indah. Well, ini menurutku pribadi yaa, G-Dragon membungkus kritik di lagunya dengan video yang menurutku tidak dapat dipisahkan. Saling melengkapi. Cakep deh.

Lagu ini baru naik sehari setelah lagu-lagu BTS yang digunakan pada konten-konten terkait Omnibus Law sebelumnya. Lagu yang diciptakan untuk menyindir para politisi di Korea ini, ternyata dapat dijadikan latar lagu para kpopers menyuarakan keresahan mereka di tanah air.

Usia lagu ini sesungguhnya lebih tua dari lagu baepsae, soalnya coup d’etat liris pada tahun 2013, dan merupakan album studio ke-dua dari G-Dragon sendiri.

“The revolution will not be televised, The revolution is in your mind. The revolution is here. This is my coup d’etat, boomerang going from mouth to mouth. Hand’s up get high. The song starts I’m the tagger” – G Dragon, Coup d’Etat, English liryc translation

Kudeta / ku.de.ta/ /kudéta/ n perebutan kekuasaan (pemerintahan) dengan paksa

KBBI daring

4. Love to hate Me by Blackpink

Lagu ini baru aja rilis pada 2 October lalu. Lagu yang sepertinya diciptakan untuk para hatersnya ini dijadikan backsound beberapa visual perjuangan mahasiswa dalam demo menolak omnibus law. Lirik yang menghembuskan pesan positif untuk orang-orang yang berjuang dan bertahan atas sikap dan pandangan negative orang lain ini cukup bisa merepresentasikan pesan untuk jangan banyak-banyak drama deh pemerintah diatas sana, kami udah banyak masalah, jangan ditambah-tambah lagi deh. Gitu kali ya.

“Negative days, negative nights Baby, you’re wasting all your time I can’t relate, I keep it light No, no, no drama in my life”

Love to hate me by Blackpink

Kalau dalam fikiranku seandainya memilih lagu ini untuk latar visual perjuangan menolak pengesahan omnibus law hari ini adalah merepresentasikan kelakuan pemerintah yang senang mempersulit rakyat kecil dan juga terlalu banyak drama-drama ga penting. Lelah ga sih? Semoga yang sedang berjuang tidak lelah yaa.

5. I love you by Treasure

Kalau kamu ngikutin video-video demo di tiktok hari ini, mungkin ada notice satu atau dua video viral dimana kerumunan mahasiswa dilempar gas air mata. Pada saat kerumunan mahasiswa berlarian, ada satu mahasiswa yang tidak langsung lari, tapi malah mengambil tabung gas air mata dan melemparnya kembali untuk menjauhi rekan-rekannya.

Nah, salah seorang kreator tiktok yang mengunggah video itu mengapresiasi tindakan mahasiswa tersebut sambil berterima kasih, dan menggunakan potongan refrain lagu I love you oleh Treasure ini sebagai backsoundnya. Yang nonton, termasuk aku jadi ikutan bersyukur dan gemes sendiri.

Lagu ini sebenarnya baru rilis pada 18 September lalu, meski lagu cinta-cintaan, tapi beatnya lumayan seru. Dan aku juga baru tau kalau boyband berjumlah 12 orang ini berada dibawah naungan YG Entertainment. Uuu masih lucu-lucu #eh.

Nah, jadi itu dia 5 lagu kpop yang aku jumpai sewaktu scrolling down di tiktok. Selama ini aku juga bukan penggemar ke 4 boy/girl band diatas. Tapi ada menyukai beberapa lagu mereka. Well, sebagai orang yang bisa menyukai berbagai jenis lagu dari beragam penyanyi, jadi penikmat saja sudah cukup. Wes ga punya energy berlebih untuk fandom-fandoman akutu. Dan akibat kreativitas para kpopers juga aku jadi tahu lagu-lagu diatas. Sekalian pengen kasi tahu, jangan benci-benci banget sama satu karya, dan jangan juga fanatik-fanatik banget sama artisnya. Enjoy in aja, tapi soal kesemenangan pemerintah kok yaa ga bisa di enjoy in aja yaaa. hmmmmm.

19 Comments

  1. Aku bukan pemerhati baik kpop maupun tiktok..tapi kreatif juga jika viral dan dikaitkan dengan politik. Meski aku memilih untuk diam karena aku belum baca 1028 halaman UU omnibus law. Kuatir jika sudah ikutan beropini atau membagikan berita padahal belum paham konteksnya.

  2. Lagu yang seru banget buat joged ini sebenarnya berisi kritik sosial atas keadaan anak muda di Korea saat ini. Dan jika ditilik lebih dalam, tidak berbeda jauh atas apa yang dialami oleh anak muda di negara kita.

    Wah wahh, ternyata kondisi sosial-ekonomi-politik di berbagai belahan dunia (terutama sesama Asia) mirip-mirip yha.
    tetep semangaatt, anak muda dan anak2 (berjiwa) muda!

  3. Kpop dan drama Korea, 2 keberhasilan Korsel yang bikin saya iri

    Indonesia kok ngga bisa ya?

    Jawabnya mungkin karena sumbersdaya alam kita yang kaya raya, Korsel kan ngga sekaya Indonesia

    Sehingga mereka mengandalkan kreativitas untuk maju menyalip negara negara maju

  4. Topik yang pas banget dengan kondisi yang sekarang kita hadapi. Suka ataupun tidak tentunya rakyat menginginkan agar penyelenggara negara LEBIH MEMIKIRKAN DAN MEMPERDULIKAN kepenting rakyat banyak ketimbang hanya untuk segelintir orang. Saya penggemar BTS walaupun tidak ngefans-ngefans amat. Tapi saya salut dengan BBand ini. Mereka berprestasi, good influencer lewat karya-karya mereka. Apalagi saat mereka diundang secara khusus untuk berbicara di depan UNICEF. Organisasi milik UN yang mengkonsentrasikan kegiatan di bidang kepedulian untuk anak-anak di seluruh dunia. Luar biasa!!

  5. ternyata lagu yang asik ini berisi sindiran ya mba, baru tahu aku. Emang aku bukan penggemar Kpop. tapi sangat mengapresiasi karya yang dibuat sepenuh hati seperti ini, sehingga nyampe juga ke hati dan momentnya kok pas ya

  6. Ah ternyata KPop itu not bad-bad amat ya. Dari tulisan ini saya jadi sedikit tahu tentang KPop.
    Apakah nanti akan berlanjut jadi fanatik? Ya who knows.

    Anyway, sebagai non korean thing lover, saya adalah orang yang paling katrok di kantor karena ga ngeh artinya jempol & telunjuk disilangin. Kirain apaan, ternyata simbol hati.

  7. Aku bukan pecinta kpop sih
    Tapi beberapa kali dengar lagu-lagu ini dishare ke medsos oleh beberapa kontak
    Dan ternyata lumayan bisa diterima di telinga aku dan lama-lama jadi menikmati meski gak tau artinya haha
    Baru tahu kalau lagu-lagunya sarat pesan

  8. Dari kelima lagu di atas, yang aku tahu cuma lagunya GD sama Treasure. Ehehe..

    Sekarang jamannya main TikTok. Kreatifitas dimainkan di sana, termasuk pemilihan lagu yg sesuai dengan kondisi saat itu

  9. aku termasuk yang ngikutin isu demo2nyaa mahasiswa ini mba. dan salah satu berita yang aku suka yaitu ketika anak2 kpop udah turun haha lucu aja gitu, apalagi kalau udah soal naikin hashtag di twitter, mereka kompak banget asliii…

  10. oh iya, beberapa waktu lalu memang rame soal omnibus law ini ya mbak..
    btw ternyata lagu kpop juga banyak muatan kritik sosialnya ya
    makin cinta sama BTS

  11. “Fish live in all our heart. Its name is Selfish, Selfish!”
    Hahaha.. lucu juga nih lagu.
    Aku bukan penggemar K-Pop. Bahkan gak tau juga lagu-lagu mereka. Tapi asyik nih nyimak lirik-liriknya yang bernada kritik ke pemerintah ataupun motivasi buat para pejuang hak-haknya. Dengerin lagu-lagu di atas bisa tambah semangat yaa..
    Makasih ulasannya, Mbak 🙂

  12. Akhir tahun kemarin ramai banget nih pada demo Omnibus Law. Sampai Kpop-ers juga pada ikutan. Dan ternyata dari lagu-lagu Korea ada juga yang mengangkat tema mengkritik begitu. Nada lagunya asyik juga buat joged, hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published.