Menuju Indonesia Maju, Bisakah?

Selasa, Maret 27, 2018

Negara Indonesia memang sudah merdeka sejak tahun 1945. Sejak masa itu pun negara ini telah melewati beberapa kali pergantian pemimpin. Berbagai macam  gaya kepemimpinan serta kebijakan telah dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia dari Sabang hingga Merauke.


Tidak hanya gaya kepemimpinan. Kebudayaan, kebiasaan serta tehnologi pun terus berkembang dengan cukup pesat. Sekitar sepuluh tahun yang lalu. Sumber informasi yang bisa dengan mudah saya akses dalam keseharian biasanya hanya dari radio, televisi atau media cetak. Butuh waktu beberapa saat sampai akhirnya informasi bisa saya terima.

Tapi saat ini, di tahun 2018, semua orang sepertinya bisa dengan mudah menyebarkan informasi ke khalayak ramai. Tentunya dari media sosial yang bisa dengan mudah diakses oleh siapapun tanpa pandang usia.

Hal ini tentunya menjadikan banyak perubahan dalam hidup kita. Tetapi, selayaknya perubahan. Hal tersebut juga membawa dampak negatif yang saat ini sangat kita rasakan. Apalagi kalau bukan dengan mudahnya berita HOAX menyebar. Berita-berita hoax yang disebar memang bertujuan untuk menggiring opini publik untuk sebuah kepentingan yang biasanya dan ujung-ujungnya untuk menyerang pihak-pihak tertentu. Tidak terkecuali menyerang pemerintah.

Melawan hoax tentunya menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi pemerintah yang juga merupakan tanggung jawab kita pribadi untuk memilah milih jenis informasi seperti apa yang kita terima. Dan sebagai blogger kita juga punya peran yang cukup besar dalam mempersempit ruang penyebaran berita-berita hoax.

Terus apa hubungannya HOAX dengan Indonesisa maju Athri?
Gini loh sederhananya, berita hoax bertujuan untuk menggiring opini publik untuk kepentingan tertentu kan? Dan saat ini, dimana suasana politik sudah mulai memanas akan ada banyak pihak-pihak tertentu yang memanfaatkan hal tersebut untuk menyebar kebencian masyarakat terhadap pemerintah. Hal ini akan sangat mudah jika tidak adanya berita berimbang yang bisa memutus rantai berita hoax tersebut. Jika berita hoax dipercaya oleh banyak masyarakat Indonesia, dan masyarakat dengan mudahnya terpecah belah dan tidak percaya dengan pemerintah. Hal ini akan membuat usaha pemerintah yang bertujuan agar negara ini maju akan sulit.

Lalu, berita seperti apa yang bisa dipercaya? Dan bagaimana untuk mencarinya? Ini gampang banget. Kalau kita aktif menonton youtube, main instagram dan twitteran ga ada salahnya untuk mensubscribe dan memfollow akun-akun resmi pemerintah. Atau jika ada pertanyaan yang butuh konfirmasi, kamu tinggal emai atau DM akun-akun tersebut. Mudahkan? Sama mudahnya untuk keep jempol kita menekan tombol share atas berita-berita kontroversi yang judulnya mudah sekali memancing emosi.

Mendukung Indonesia Maju ga susah kok, salah satunya dengan tidak mudah menyebar berita hoax sudah sangat membantu.

Itu tips buat masyarakat umum yaa. Gimana dengan blogger? Blogger ini selayaknya media pada umunya. Konten-konten yang kita tulis juga bisa dengan mudah di akses oleh masyarakat. Tetapi ada beberapa tips yang disampaikan oleh mas Enda Nasution di acara Flash Blogging "Menuju Indonesia Maju" yang diadakan oleh Kemkominfo yang bekerja sama dengan Dinas Provinsi Riau hari Selasa, 27 Maret 2018.

Tips apa tu Thri?

Buat blogger yang ujung jarinya diatas keyboard juga berguna untuk memberantas berita hoax adalah dengan menulis artikel-artikel yang cukup berimbang berdasarkan fakta. Dan supaya artikel yang ditulis juga menarik perhatian publik adalah sebagai berikut:
  • Gunakan konsep penulisan piramida terbalik
  • Menulis 20 alternatif judul
  • Gunakan poin-poin yang memudahkan orang untuk membaca
  • Sertakan juga link untuk referensi.


Selain mas Enda juga ada pak Andoko Darta yang merupakan staff komunikasi Presiden. Dari penjelasan beliau saya bisa melihat bagaimana sudut istana dibawah kepemimpinan pak Jokowi bekerja.

Sulit ga sih untuk melihat seperti apa sepak terjang pak Jokowi dalam bekerja untuk memberikan pelayanan terbaik untuk pemerataan infrastruktur dan pembangunan manusia? Jawabannya nggak sulit kok. Kamu tinggal buka youtube dan arah kan kursor ke tab pencarian dan ketikkan Sudut Istana.

Dari akun resmi yang dikelola oleh staff komunikasi Presiden itu kamu bisa lihat sejauh apa perkembangan Indonesia dibawah kepemimpinan pak Jokowi.

Yang paling penting banget adalah kita mau untuk mencari informasi yang berimbang. Dan jangan skeptis mendengar Menuju Indonesia Maju, karena hal itu akan terwujud jika kita sebagai masyarakat juga mau ikut berkerja sama. Minimal nih ya dengan tahan jempol kamu untuk tidak mudah share berita yang belum jelas ujung pangkal nya, dan menahan komentar-komentar negatif untuk meramaikan perdebatan panjang yang hasilnya hanya buang-buang waktu kamu. 

So, kalau disuruh jawab Menuju Indonesia Maju, Bisakah? Maka optimis ku jawab "Ya bisa lah"

You Might Also Like

0 komentar

Hi!


Welcome


Popular Posts

Instagram