A Year Review 2016 Kongkow Nulis

Selasa, Januari 31, 2017

Kongkow Nulis adalah sebuah komunitas literasi yang berbasis di kota Pekanbaru. Sebentar, kenapa jadi formal gini bahasa saya XD

Sebelumnya untuk kepoin tentang kongkow nulis bisa kamu cek langsung di website nya mereka disini yaa

Aku gabung di komunitas ini sekitar pertengahan tahun 2015 kalau ga salah pas pre launchingnya mereka di salah satu toko buku di Pekanbaru. Waktu itu yang ngasi materinya Kamal Agusta dan Rezky Firmansyah. Setelah itu aku disuruh ngisi form (kalo pengen gabung) dan beberapa minggu kemudian aku dimasukin ke whatsapp grup nya mereka.

Jadi awal keterlibatan dan mulai konsisten itu setelah ngerjain project bareng. Waktu itu project buku Pekanbaru Boring Siapa Bilang?! Dan sejak itulah kontak langsung dengan Melati Octavia dan Hairil Habibi sebagai founder Kongkow Nulis jadi lebih konstan. Aku pun mulai aktif lagi mengisi blog yang sudah lama nganggur demi memenuhi setoran tulisan tiap minggu. Yap di Kongkow Nulis ada program one week one post dimana para member diwajibkan untuk menyetorkan satu tulisan setiap minggunya untuk membiasakan kegiatan menulis.

Jadi ini adalah a year review 2016 Kongkow Nulis walaupun sebenarnya udah lebih setahun sih, tapi aku mencoba untuk mengingat-ingat kegiatan yang sudah diadakan oleh Kongkow Nulis selama 2016.

So here we go, Kongkow Nulis itu punya tagline Read, Write, Publish and Inspire. Punya beberapa kegiatan rutin. Ada yang mingguan, ada yang bulanan. 

For 2016 since January up to December, here I review several activities that been held.


January 2016
  • Rapat Internal Evaluasi dan Perencanaan Kegiatan Setahun Kedepan.
Awal tahun biasanya dipenuhi dengan jadwal rapat internal, mengevaluasi kegiatan tahun sebelumnya serta merencanakan kegiatan setahun kedepan. Jadi, jadwal meet up dengan teman-teman dipenuhi dengan rapat-rapat dan rapat. Tetapi untuk setoran wajib tetap dilaksanakan. 

February 2016
  • Kongkow Ngobrolin Skripsi
Ada Kongkow Ngobrolin Skripsi di tahun ini. Dan kita ngedatengin pembicara yang kebetulan seorang dosen dari salah satu universitas swasta di Pekanbaru, cukup banyak peserta yang datang dan mahasiswa pembicaranya ternyata datang juga loh. Bahkan mereka nyempetin untuk bimbingan skripsi -_-“ 

Maret 2016
  • Pengisi materi workshop kepenulisan dan Juri lomba menulis di acara yang diselenggarakan oleh BEM FK UR
Welcome March!! Di bulan ini Kongkow Nulis mendapat beberapa undangan untuk jadi juri lomba menulis. Lalu kita juga mengisi sebuah seminar menulis yang diadakan teman-teman Fakultas Kedokteran Riau.
  • Kongkow Ngobrolin Beasiswa 

Dibulan ini Kongkow Ngobrolinnya diadakan ditempat terbuka, tepatnya di taman disamping Rumah Singgah Tuan Kadi. Bulan ini kita ngobrolin tentang beasiswa karena kebetulan pemateri kita kali ini yang bernama mas Adi adalah salah satu penerima full beasiswa ke Jepang loh.

April 2016
  • Sesi editing buku Pekanbaru Boring? Siapa Bilang!?
Di bulan April member kongkow lagi sibuk-sibuknya nih buat nyiapin launching buku keroyokan soalnya. Sebelumnya di bulan Desember 2015 diumumkan sebuah project bareng untuk nulis buku bareng-bareng.

  • Memenuhi undangan talk show di Green Radio
Kongkow Nulis mulai kebanjiran beberapa undangan interview di radio-radio salah satunya green radio.

  • Selamat Yudisium Dokter Anggo! 
  • Launching buku Pekanbaru Boring? Siapa Bilang!?
Anak pertama kongkow nulis hadir pada tanggal 24 April 2016 dengan judul Pekanbaru Boring Siapa Bilang?! Dan tempat kelahirannya adalah di Badan Perpustakaan dan Arsip kota Pekanbaru yang saat ini telah berganti nama menjadi DPK Pekanbaru.

  • Kongkow Melala ke dojo aikido PCW
Di bulan April juga Kongkow Nulis main ke salah satu dojo Aikido yang ada di Kota Pekanbaru looooh buat nyobain praktik latihan aikido dan seeerruuuuuu

May 2016

  • Memenuhi undangan EDU EXPO di Mall SKA
Bulan Mei kita memenuhi undangan dari EDU EXPO yang diadain teman-teman PCR nah yang hadir saat itu kebetulan saya dan Memel. Kita dapat slot sekitar 30 menit untuk ngobrol2 tentang kongkow nulis dan promo buku Pekanbaru Boring Siapa Bilang.
  • Kongkow Ngobrolin Lay Out
Kongkow Ngobrolin bulan Juni ini kita ngebahas tentang Lay Out dan kenapa Lay Out itu penting. Pematerinya? Ehem suami saya tercinta eheheheheee

  • Talk Show Kongkow Nulis di Pro 2
Dan kita-kita dapat undangan ngobrol-ngobrol di radio lagi loooh, kali ini dari Pro 2. Lama-lama kita jadi anak radio nih. Selain itu jadwal kita dipenuhi dengan persiapan Anniversary Kongkow Nulis yang ke dua dibulan September.
  
June 2016

  • Libur Kongkow Ngobrol

Bulan Juni karena bertepatan dengan bulan puasa maka kongkow ngobrolin kita liburin. Tapi rapat persiapan acara anniversary tetap jalan terus loh, bahkan sambil buka bersama kita tetap aja sempetin untuk rapat persiapan.
  • Pemateri di Inter High School Journalistic Workshop di PCR dengan tema Journalistic on social media
Kali ini berkesempatan jadi pemateri di acara nya teman-teman di PCR nih, dan waktu ini kita berkolaborasi dengan bang Rio Syaputra pemrednya Trip Riau untuk ngebahas soal jurnalistik di sosial media.

July 2016

  • Opern Recruitment new member
Naaaahh di bulan July kita mulai penerimaan member baru. Bosan kan orangnya itu-itu aja, dan lagi yang namanya komunitas literasi udah pasti ada ilmu yang musti dibagi-bagi dan salah satu cara bagi-baginya adalah dengan open recruitment. Karena kita percaya bahwa regenerasi sebuah komunitas itu penting. Dan rekrutmen adalah salah satu acara untuk regenerasi.


  • Talkshow Radio Eljhon FM
Di bulan Juli ini kita jadi bintangnya el John FM loh. Buat ngobrol-ngobrol tentang komunitas juga.

August 2016

  • Kongkow Ngobrolin Buku "I Will Survive" nya Mbak Oci YM
Di bulan Agustus ada Mbak Oci YM di kelas Kongkow Ngobrol loooh… kita kebetulan ngebedah buku beliau yang baru saja di launching berjudul I Will Survive. Yang datang lumayan ramai ternyata. Dan di acara kongkow ngobrolin kali ini ada interview pada tema-teman yang sudah ngedaftar untuk member recruitment kongkow nulis loh.

  • Peserta acara Koalisi Seni di Rimbang Baling
Dibulan ini Kongkow Juga diajak ke acaranya koalisi seni loh ke Rimbang Baling. Dan teman kita Kamal Agusta yang mewakili Kongkow Nulis saat itu share serunya acara tersebut.

  • Kompetisi penulisan puisi online #puisiuntukindonesia
Dan untuk ikut menyemarakkan hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus kita ngajakin member ataupun followers kongkow nulis untuk menulis puisi dan membagikan karya puisi mereka ke medsos mereka dengan hashtag #puisiuntukindonesia dan hasilnya bagus-bagus.

  • Kelas internal berasam Robi Kurniawan dan kenalan dengan member baru

Kita ngadain kelas khusus internal kali ini yang diisi oleh bang Robi Kurniawan yang baru aja menyelesaikan beasiswa Fullbright nya di Michigan, dan kebetulan beliau mau kita todong buat ngisi kelas internal kita buat sharing-sharing pengalamannya selama kuliah di luar negri. Daaaaann di acara ini kita ketemu teman-teman baruuu. Yeeaaayyy!!! Teman-teman yang lolos seleksi recruitmen kemarin hadir diacara ini.

  • Mengisi slot pembahasan sastra dan literasi di PRO 2
Di Agustus kita mulai ngisi slot di Pro 2 loh buat ngebahas hal-hal berbau literasi (asik, jadi anak radio beneran)

September 2016

  • Anniverasy Kongkow Nulis yang ke dua tahun
Anniversary Kongkownulis di bulan ini…!!! Setahun sebelumnya Kongkow Nulis ngadain acara kecil-kecilan padahal, lalu di tahun 2016 Kongkow Nulis mengundang Boy Chandra loh. Sihiiiyy dan sepanjang bulan September eophorianya bertahan cukup lama. Pastinya acara ini berhasil atas dukungan member yang luar biasa berdedikasi atas berlangsungnya acara ini.

Mulai dari rapat persiapan sampai hari H bener-bener seru. Mengambil tema Panggung Fiksi Selebrasi hati, acara ini bener-bener penuh dengan curcolan baik pemateri maupun peserta wkwkwkwk sssttt ada yang curhat via puisi yang dibacain dalam sela acara juga loh.

Oktober 2016

  • Kongkow Ngobrolin Puisi
Kalau aku bilang bulan Oktober ini bulannya para pujangga di Kongkow Nulis, bahasan di grup chat selalu soal puisi dan paaaasss kebetulan pemateri Kongkow Ngobrolin bulan Oktober juga salah seorang sastrawan perempuan Riau yaaappp mbak Kunni Masrohanti. Pada acara peserta diminta untuk membuat puisi dan membacakannya juga.

November 2016
  • Jadi tim liputan acara Bono Jazz 2016
Bulan November ini salah seorang junior di komunitas bahasa Inggris yang kebetulan jadi salah satu bujang dara tahun 2016 itu menghubungi ku. Dia kemudian mengabari bahwa panitia Bono Jazz mengajak Kongkow Nulis terlibat dalam peliputan acara Bono Jazz selama seminggu penuh. Dan tentu saja hal ini disambut dengan sangat baik sama teman-teman, team cepat pun dibentuk untuk kemudian mengutus tim medsos dan event kongkow meluncur untuk meliput kegiatan tersebut. Dan beruntungnya lagi, member kongkow lainnya diperbolehkan menghadiri konser Bono Jazz nya secara Cuma-Cuma loh muehehehee.


  • Kongkow Ngobrolin Scriptwriter
Kelas kongkow Ngobrolin tetap ada looh, kali ini kelas Kongkow Ngobrolin diisi oleh bang Barumun Nanda dengan tema Kongkow Ngobrolin Scriptwriter.


  • Uji coba program Weekend Baca
Program weekend baca juga mulai dijalanin di bulan ini. Terus Kongkow Nulis juga memenuhi beberapa undangan acara, salah satunya undangan dari Nutrifood di kegiatan peringatan Hari Diabetes Sedunia.

  • Menghadiri acara Kenduri Puisi
Dan menghadiri kenduri puisi yang selalu dihadiri oleh beberapa member kongkow nulis.

Desember 2016

Kalau akhir tahun biasanya kita libur. Beberapa kegiatan memang diliburkan, tetapi tim pengurus lagi sibuk mengevaluasi kinerja serta program selama setahun penuh. Dan mulai merancang program kongkow nulis setahun kedepan.



Daaaann 2016 berakhir dengan kebanggan sebagai member kongkow nulis. Karena aku termasuk salah satu member yang terlibat di kongkow nulis dari awal walaupun ga awal-awal banget. Tentunya aku cukup takjub dengan progress komunitas ini. Dari Kongkow Ngobrolin aja yang ketika diawal-awal pelaksanaannya tidak terlalu banyak peserta yang datang (pernah aku ngemci kongkow ngobrolin yang pesertanya cuma lima orang kalau ga salah, waktu itu acara anniversary kongkow yang pertama) hingga saat ini pesertanya mencapai belasan orang. Bahkan acara anniversay kongkow yang kedua jumlahnya sepuluh kali lipat peserta anniv ditahun sebelumnya.

2017 we are ready for your challenge, akan ada beberapa perubahan dan program-program baru yang telah dipersiapkan untuk meningkatkan kualitas kepenulisan member. Dan akan ada event-event luar biasa lainnya yang tengah dipersiapkan. Dan, kamu-kamu juga harus siap bergabung dengan komunitas ini yaa.

Surely but sure tag line Kongkow Nulis yang Read, Write, Publish and Inspire akan mulai kita wujudkan satu-satu. 

Well progress itu ga harus selalu laju kan? You have to be patient for it. 

Sebuah quote bijak yang sudah sangat familiar mengatakan “Hasil tidak akan pernah menghianati usaha”

Enjoy your 2017 gaesss…!!

Photo taken by: Septian Arief. K

You Might Also Like

5 komentar

  1. Waaah... mau dong ikutan di kongkow nulis. Saya orang pekanbaru juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleeh, bisa nanti tunggu info open recruitmen kita tahun ini di instagram kita yaa @kongkownulis, atau bisa juga ikut di kegiatan bulanan kita Kongkow Ngobrolin.

      :)

      Hapus
    2. kemarin kami ada ngundang yang namanya mirwan.. sodara mirwan kenal gak travel blogger yang akan kejepang itu?

      Hapus
  2. masihhh semangek kan kak untuk kongkownulis tahun ini?

    BalasHapus

Hi!


Welcome


Popular Posts

Instagram